Kebiasaan Buruk?

Mau berubah? Tidak perlu nunggu tahun depan atau hari ulang tahun tiba kan? Berhubung Natal udah dekat, pakai momen natal ini untuk ambil keputusan menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah bertahun-tahun melekat dalam diri kamu. Memang tidak gampang, tapi kalau tidak dimulai dari sekarang, nantinya kamu sendiri yang akan rugi. Mungkin sekarang kbiasaan kamu cuma menggigit kuku tangan. Kalau kuku tangan udah abis, mungkin kamu akan menggigiti kuku kaki. Kalau kuku kaki udah abis, bias jadi kamu malah gentian menggigiti kuku kaki si Kuple, kucing kamu. Iiiiih…nggak banget kan?!

Perlu Dukungan
Kebiasaan jelek atau kecanduan, seperti menggigit kuku, merokok, suka ngupil di tempat umum, atau buang sampah sembarangan, bias dihilangkan kalau kamu punya tekad yang kuat untuk berubah. Tapi terkadang kita mengalami kesulitan atau stress, apalagi kalau usaha yang kita lakukan belum berhasil. Jangan menyerah dulu, kamu gak perlu malu untuk minta bantuan orang lain. Umumkan pada setiap orang terdekat bahwa kamu ingin sekali menghilangkan kebiasaan buruk kamu. Jangan ragu untuk meminta kakak, adik, atau sahabat untuk mengingatkan setiap kali kamu melakukannya. Kalau kamu mau menghilangkan kebiasaan merokok, yang perlu kamu lakukan adalah menghindari kelompok atau orang-orang yang memiliki kebiasaan yang sama, karena itu bisa bikin kamu tergoda untuk melakukannya lagi. Bilang sama mereka kalau kamu memang benar-benar mau berhenti dari kebiasaan buruk dan kamu butuh dukungan mereka. Kalau mereka teman yang baik, pasti mereka akan membantu dengan senang hati.

Reward or Punnishment
Buat sepuluh hal yang paling kamu inginkan dalam beberapa bulan terakhir ini, berurutan dari yang besar sampai yang terkecil dan murah (iPod baru atau buku Best seller). Kalau kamu berhasil tidak merokok dalam satu hari, uang yang biasa kamu pakai untuk beli rokok, kamu tabung untuk membeli hadiah yang kesepuluh untuk diri kamu sendiri. Kalau kamu berhasil tidak merokok dalam tiga hari, kamu bisa memberikan hadiah ke-sembilan. Naikan target untuk mendapatkan hadiah berikutnya. Jadi makin semangat kan?! Jangan senang dulu, kalau kamu melanggarnya, minta sama kakak, adik atau sahabat untuk memberikan hukuman. Dengan begitu kamu akan jera untuk mengulanginya lagi dan semakin terpacu untuk menghilangkan kebiasaan itu.

Kebiasaan Baru
Mengubah kebiasaan buruk memang tidak mudah, ganti aja dengan kebiasaan yang baru. Misalnya, kalau kamu sulit banget untuk tidak merokok dalam satu hari, kamu bias menggantinya dengan minum jus buah atau permen karet. Tidak selamanya menghilangkan kebiasaan buruk itu sulit dan menyakitkan, iya kan?!

Memikirkan Diri Sendiri
Kamu harus tau dulu, motivasi apa yang membuat kamu ingin menghilangkan kebiasaan jelek? Berhenti untuk orang lain atau pacar, bisa jadi motivasi yang paling efektif. Tapi begitu putus sama pacar, bukan tidak mungkin kamu akan kembali ke kabiasaanburuk itu lagi. Pastikan kalau kamu memang benar-benar ingin berhenti demi kebaikan diri kamu sendiri. Jadi, pikirin baik-baik deh untung-ruginya. (-dHi-)

0 comments: