Menjadi PRIBADI yang DISUKAI

Anak muda biasanya suka banget bergaul dan menjalin hubungan. Makanya gak heran kalau kamu suka bereksperimen dalam hal berpenampilan, rambut dicat warna-warni, ngeceng di mall, coba-coba untuk ngerokok agar diterima oleh lingkungan, atau mencoba trik-trik menggaet cowok/cewek dari internet atau artikel yang ujungnya jadi malu-maluin. Tapi justru itu malah membuat kamu malah dibilang anek dan sok gaul. Gak usah coba yang macem-macem deh, yang harus kamu diperhatikan dalam menjalin hubungan dengan orang lain adalah harga diri. Karena dengan harga diri yang terpuaskan, orang bisa menjadi lebih baik, lebih menyenangkan, dan lebih bersahabat.

1. ROYAL MEMBERI PUJIAN
Pujian itu seperti air segar yang bisa menawarkan rasa haus manusia akan penghargaan. Kalau kamu mau memberikan air segar itu buat orang lain, berarti kamu berada pada posisi yang tepat untuk disukai oleh orang lain. Caranya, buka mata lebar-lebar, dan see, ada banyak hal baik yang pada orang lain. Lalu pujilah dengan tulus, jangan berlebihan, ntar malah dibilang 'lebai' lagi.

2. SEBAGAI ORANG PENTING
Kamu harus tunjukin bahwa orang lain itu penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakanlah maaf bila salah, tepatilah janji (jangan ngobral doang), menghargai keberadaan orang lain. Pokoknya, kamu harus menganggap bahwa orang lain adalah prioritas.

3. PENDENGAR YANG BAIK
Bicara itu perak dan diam itu emas, maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berkan kesempatan kepada orang lain untuk bicara, ajukan pertanyaan dan buat dia tertarik untuk berbicara dengan kamu. Dengarkanlah dengan penuh antusias dan jangan menilai atau menasehatinya kalau gak diminta.

4. APALAH ARTI SEBUAH NAMA
Biasanya orang gak suka kalau orang lain salah sebut namanya. Kalau lupa, tanya lagi namanya dan gimana melafalkan namanya. Sebut namanya saat berbicara, jadi lebih enak kedengarannya dan lebih akrab.

5. JUST A SMILE
Semua orang senang bila diperlakukan dengan ramah. Kamu juga pasti senang dong kalau orang lain bersikap ramah sama kamu?! Kalau kamu ramah, orang lain akan merasa diterima dan dihargai. Jadi orang lain bakal ngerasa betah berada di dekat kamu.

6. MURAH HATI DONG!
Kamu gak akan jadi miskin karena memberi dan gak akan kekurangan karena berbagi dengan orang lain. Kata orang bijak, “Orang yang murah hati berbuat baik kepada dirinya sendiri”. Jadi, kemurahan hati disatu sisi baik buat diri kamu sendiri, tapi disisi lain berguna bagi orang lain juga.

7. JANGAN MENGKRITIK, MENCELA ATAU MENGANGGAP REMEH
Biasanya orang gak suka kalau kelemahannya diketahui orang lain, apalagi dipermalukan. Semua itu mengarah langsung ke pusat harga diri seseorang dan bisa membuat orang mempertahankan diri dengan sikap yang gak bersahabat.

8. BE ASERTIVE
Orang yang disukai bukanlah orang yang selalu ikut-ikutan. Sewaktu-waktu bisa aja prinsip atau pendapat kamu berbeda dengan orang lain. Kamu gak harus menyesuaikan diri atau memaksakan mereka menyesuaikan diri dengan kamu. Jangan takut untuk berbeda dengan orang lain. Yang penting perbedaan itu tidak menimbulkan konflik, tapi menimbulkan sikap saling mengerti. Sikap asertif selalu lebih dihargai dibandingkan sikap “Yes, Man!”

9. PERBUATLAH APA YANG KAMU INGIN ORANG LAIN PERBUAT
Apa yang kamu tabur, itulah yang kamu tuai. Tahu kan, maksudnya?! Misalnya, kalau kamu ingin diperhatikan, mulailah memberi perhatian. Kalau kamu ingin dihargai, mulailah menghargai orang lain. Mulailah segala sesuatu dari diri sendiri.

10. LOVE YOURSELF
Mencintai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya. Ini beda lho dengan egois. Kalau egois itu berarti mementingkan diri sendiri (self oriented). Dengan menerima dan mencintai diri sendiri, kamu akan lebih mudah menerima orang lain dengan segala kekurangan dan keterbatasannya. Intinya, cintailah orang lain seperti kamu mencintai diri kamu sendiri. Pada saat itulah, tanpa disadari terpancar pesona pribadi yang bisa membuat orang lain menyukai kamu.

(PintuNet.com)

0 comments: